4.3.12

JAWABAN TUGAS SOSIO XI.IPS 1 (Kamis,01 Maret 2012 JamPel 5 & 6)

Posted by | |


1.Dewata 
(Dewanagari:atau disebut tevoda dalam bahasa Khmer), adalah dewa dengan kedudukan yang lebih rendah daripada dewa-dewa utama

2.Trimurti (atau Tritunggal Hindu)
adalah tiga aspek Tuhan dalam wujudnya sebagai Brahma, Wisnu, dan Siwa.
Brahma – Sang pencipt,Wisnu – Sang pemelihara,Siwa – Sang penghancur

3.Belom

4.Ngaben 
adalah upacara pembakaran jenazah atau kremasi umat Hindu di Bali, Indonesia. Acara Ngaben merupakan suatu ritual yang dilaksanakan guna mengirim jenasah kepada kehidupan mendatang.

5.Banjar, adalah pembagian wilayah administratif di Provinsi Bali, Indonesia di bawah Kelurahan atau Desa, setingkat dengan Rukun Warga.Banjar merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

6. Kelian Banjar, ketua kelompok dalam organisasi desa di Bali

7.Nguopin, salah satu tradisi yang ada di Bali, suatu warisan dar leluhur yang merupakan kegiatan turun temurun, melakukan kegiatan yang dilakukan bersama-sama

8.Lawar 
adalah makanan tradisional Bali berupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbu

9.Urutan anak dibali:
     a.WAYAN alias PUTU alias GEDE adalah nama untuk anak pertama.
     b.MADE alias KADEK alias NENGAH adalah nama untuk anak kedua
     c.NYOMAN alias KOMANG adalah nama utk anak ketiga
     d.KETUT (no alias) nama untuk anak keempat.

10.Warna kasta masyarakat
Brahmana, Ksatrya, Wesya dan Sudra 
a.Brahmana: merupakan kasta dari masyarakat yg mempunyai profesi yg bergerak dibidang religi/agama seperti Pendeta. Dimana sampai sekarang mereka diberi gelar/title Ida Bagus (laki-laki) dan Ida Ayu (perempuan).
b. Ksatrya: kasta dari masyarakat yg berprofesi sebagai abdi Negara/kerajaan (zaman dulu), yg diberi gelar Anak Agung.
c.Wesya: kasta dari masyarakat yg berprofesi sebagai prajurit. Mereka diberi gelarGusti Bagus (laki-laki) dan Gusti Ayu (perempuan).
d.Sudra: ini adalah kasta yg terakhir di Bali, dimana kasta Sudra tidak mempunyai gelar, mereka hanya dberi nama menurut urutan kelahiran seperti; Wayan (anak pertama), Made (kedua), Nyoman (ketiga) dan Ketut (keempat). Jika ada yg mempunyai lebih dari 4 orang anak namanya akan kembali lagi keurutan pertama (wayan), begitupun seterusnya.

11.Subak
  adalah organisasi kemasyarakatan yang khusus mengatur sistem pengairan sawah yang digunakan dalam cocok tanam padi di Bali, Indonesia. Subak ini biasanya memiliki pura yang dinamakan Pura Uluncarik, atau Pura Bedugul, yang khusus dibangun oleh para petani dan diperuntukkan bagi dewi kemakmuran dan kesuburan dewi Sri.

12.Penjor adalah suatu hiasan pada upacara yang juga mengandung arti sebagai sebuah umbul-umbul dan simbul-simbul suci. Penjor juga merupakan persembahan terhadap Bethara di Gunung Agung yaitu Bhatara Giri Putri.

13.Waisnawa, aliran dalam Hindu yang proses pemujaannya lebih menitik beratkan pada pemujaan wisnu sebagai dewa tertinggi

14.Bali Aga, Baliaga atau Bali Mula 
 adalah orang orang bali asli, yg sebagian besar terletak dibagian timur(di Karangasem). Mereka juga dapat ditemukan di daerahutara-barat dan tengah.

15. Leak 
 adalah penyihir jahat. Le artinya penyihir dan ak artinya jahat. Leak hanya bisa dilihat di malam hari oleh para dukun pemburu leak. Di siang hari ia tampak seperti manusia biasa, sedangkan pada malam hari ia berada di kuburan untuk mencari organ-organ dalam tubuh manusia yang digunakannya untuk membuat ramuan sihir. Ramuan sihir itu dapat mengubah bentuk leak menjadi seekor harimau, kera, babi atau menjadi sepertiRangda. Bila perlu ia juga dapat mengambil organ dari orang hidup.

16.Seka Truna, organisasi pembinaan generasi muda khususnya anak yang masih berusia sekolah maupun tidak sekolah guna mendalami dan menerapkan arti dari pentingnya bersosial dalam masyarakat.

17.terasering
adalah kondisi lereng yang dibuat bertangga-tangga yang dapat digunakan pada timbunan atau galian yang tinggi. 

18.Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun Baru Saka. Hari ini jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) yang dipercayai merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera yang membawa intisari amerta air hidup. Untuk itu umat Hindu melakukan pemujaan suci terhadap mereka.

19.Pendet merupakan tari tradisional dari Bali, Indonesia, di mana persembahan dibuatuntuk memurnikan kuil atau teater sebagai awal untuk upacara atau tarian lainnya.Pendet biasanya dilakukan oleh gadis-gadis muda, membawa mangkuk kelopak bunga,genggam yang dilemparkan ke udara pada berbagai waktu dalam tarian

0 komentar:

Posting Komentar